Pada posting terdahulu, kita mencoba dengan bilangan satuan untuk membuktikan bahwa perkalian bukanlah sesuatu untuk dihafal. Nah, bagaimana dengan metode perhitungan yang umum dipelajari di sekolah untuk perkalian dengan bilangan yang lebih besar ?Ambil sebuah contoh :
(0) 96 x 97 =
Dengan metode umum, kita diajarkan untuk menyelesaikannya dengan cara berikut :
__9 6Nah, apa yang bisa kita lakukan dengan hal ini ?
__9 7
------ x
_672
864.
------ +
9312
Mari kita lihat :
(2) Hasil pengurangan silangnya menghasilkan angka yang sama (96-3) = (97-4) =93
(3) Hasil perkalian angka hasil pengurangan (1) = (4 x 3) = 12
(4) Hasil perkalian 96 x 97 = (2)(3) = 9312
Beginilah cara kerjanya :
- Pada kasus (0) 96 x 97, didapat angka-angka dalam lingkaran dengan mengurangkan 100 dengan bilangan yang dikalikan, 100 - 96 = 4 dan 100 - 97 = 3.
- Hasil yang diperoleh kemudian dikurangkan silang dengan bilangan pada (0) sehingga 96 - 3 = 93, hasil yang sama diperoleh dari 97 - 4 = 93. Hasil pengurangan pada langkah ini akan menjadi angka-angka terkiri pada hasil kali kedua bilangan di atas.
- Terakhir, kalikan angka-angka di dalam lingkaran 4 x 3 = 12, dan gunakan hasilnya sebagai angka terkanan.
- Setelah digabungkan maka, didapat hasil 93 12 sebagai hasil dari kasus 96 x 97.
Mari kita coba dengan kasus lain :
(0) 95 x 95 =
(1) 5___5
(2) 90
(3) 25
====> 95 x 95 = 9025
Cobalah dengan kasus-kasus berikut ini :
a. 96 x 96
b. 95 x 98
c. 91 x 89
d. 93 x 93
Nah, selamat mencoba dan tunggu edisi Math Fun yang lainnya.
Have fun with Math.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar